SEKILAS PRODUK

ETAWAKU adalah sebuah merk susu bubuk kambing Etawa yang sudah diterima oleh masyarakat Indonesia. ETAWAKU bukan susu kambing kualitas nomor 1 di Indonesia. Jika dibanding susu kambing merk lain (dengan harga yang relatif sama), Insyaallah ETAWAKU adalah susu bubuk kambing yang terbaik kualitasnya.
Pada awalnya sumber susu kambing ETAWAKU berasal dari supliyer di Jawa Tengah. Karena tidak amanah menjaga kualitas produk, akhirnya ETAWAKU diproduksi di Yogyakarta. Sumber produksi ETAWAKU berasal dari susu kambing yang dibudidayakan sekitar lereng Gunung Merapi. Didasarkan pada kelebihan susu kambing di sekitar lereng Gunung Merapi yang mempunyai nilai gizi lebih.
Aktivitas erupsi Gunung Merapi yang rutin, mengakibatkan kualitas tanah di sekitar lereng Gunung Merapi senantiasa terbarukan. Sehingga tanaman yang tumbuh di sekitar lereng Gunung Merapi lebih kaya kandungan mineral dan gizinya. Dedaunan dari tanaman tersebut dijadikan sebagai pakan utama bagi indukan kambing yang siap perah. Hasilnya, air susu yang dihasilkan dari indukan kambing tersebut jelas lebih berkualitas.
Selain itu, di sekitar lereng Gunung Merapi juga terbilang cukup aman dari berbagai pencemaran air, tanah, maupun udara. Sehingga susu kambing di sekitar lereng Gunung Merapi jauh lebih aman untuk dikonsumsi.
Susu Kambing ETAWAKU telah lolos uji SNI 01-2970-2006 dan telah mendapatkan Ijin Pengolahan Susu Bubuk Kambing Dinas Peternakan Kabupaten Tegal dengan Nomor Rekomendasi : 800 / 576 / 2012.



Rabu, 18 Maret 2015

13 Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan Tubuh



Di Indonesia, kepiting terbilang makanan yang mewah, karena selain harganya mahal dan rasanya yang lezat, juga memiliki kandungan gizi yang melimpah, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Kepiting
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap kepiting dengan berat 100 gram, diketahui bahwa bagian tubuh yang bisa dikonsumsi hanya sekitar 45%. Meski cukup sedikit yang bisa dikonsumsi, namun kandungan gizinya sangat besar. Kandungan gizi yang terdapat pada kepiting tersebut diantaranya adalah :

  • Energy (151 kkal)
  • Protein (13,8 gr)
  • Lemak (3,8 gr)
  • Karbohidrat (14,1 gr)
  • Kalsium (210 gr)
  • Fosfor (250 gr)
  • Zat Besi ( 1 mg)
  • Vitamin A (200 IU)
  • Vitamin B1 (0,05 mg)
  • Vitamin C (0 mg).
Selain itu, dalam jumlah kecil kepiting juga mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti Vitamin B12, Asam Lemak Omega 3, Mineral Selenium, Mineral Copper, Mineral Zinc, serta Lemak Jenuh.
Dengan kandungan gizi dan zat-zat yang bermanfaat tersebut, manfaat kepiting memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah

1. Meningkatkan Energi dan Stamina
Kandungan Vitamin B12 yang dapat memacu peningkatan metabolisme asam lemak dan asam amino. Ditambah kandungan proteinnya yang tinggi dan bermanfaat untuk mengatur metabolisme, membuat kepiting bermanfaat untuk meningkatkan stamina yang loyo.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka
Protein, Vitamin B12, dan Mineral Zinc pada kepiting juga berfungsi mempercepat penyembuhan luka. Protein pada kepiting dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, sedang Vitamin B12 dan Mineral Zinc membantu memproduksi sel-sel darah merah.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Bagi yang khawatir terserang penyakit pada saat musim pancaroba, ada baiknya mencoba makanan laut dengan mengkonsumsi kepiting. Protein, Asam Lemak Omega 3, dan Mineral Selenium yang terkandung pada kepiting, semuanya memiliki khasiat untuk membentuk dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit kadiovaskular (jantung) dapat dicegah dengan kepiting, karena kandungan Omega 3 yang mampu menetlalisir kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Selain itu, kandungan Mineral Seleniumnya juga berguna dalam mencegah kerusakan sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas pemicu serangan jantung.

5. Mencerdaskan Otak
Sebagaimana diketahui Asam Lemak Omega 3 yang banyak terkandung pada susu juga terdapat pada kepiting dalam jumlah yang besar. Zat yang satu ini dikenal memiliki fungsi utama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencerdaskan otak.

6. Memelihara Kesehatan Mata
Kepiting juga dapat membantu memelihara kesehatan mata karena mengandung Vitamin A yang melimpah.

7. Mencegah Osteoporosis
Pengeroposan tulang (osteoporosis) dapat dicegah dengan mengkonsumsi kepiting karena selain mengandung sejumlah manfaat protein yang tinggi, juga mengandung Mineral Copper yang membantu pembentukan sel-sel dan syaraf tulang.

8. Membantu Program Diet
Bagi yang melakukan diet sangat baik mengkonsumsi kepiting, karena kandungan lemak jenuhnya. Hewan laut ini memiliki lemak yang sangat rendah yakni 0,2 gram/100 gram.

9. Membantu Perkembangan Janin dan Bayi
Bagi ibu hamil dan menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi manfaat kepiting ini 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Kadar proteinnya yang tinggi serta komponen asam lemak Omega-3nya yang membantu pembentukan membran sel pada otak janin dan bayi.

10. Mencegah Kanker
Tubuh yang lemah sangat rentan terhadap serangan radikal bebas, dan radikal bebas menjadi salah satu penyebab penyakit kanker. Kedua problem tersebut dapat ditangkal dengan kepiting yang memiliki kandungan protein, Omega 3, dan Mineral Zinc yang berfungsi untuk menambah kekebalan tubuh. Mineral Selenium yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang diakibatkan serangan radikal bebas.

11. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia
Penyakit anemia dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi kepiting, karena Vitamin B12, Mineral Copper, dan Mineral Zinc pada binatang ini memiliki peran penting dalam memproduksi sel-sel darah merah.

12. Mencegah Penyakit Prostat
Kepiting dapat mencegah penyakit prostat karena kandungan Mineral Zinc bermanfaat dalam mencegah pembesaran pada prostat.

13. Merawat Kulit dan Rambut
Bagi kaum perempuan yang selalu memperhatikan perawatan tubuh, mengkonsumsi kepiting sangat baik untuk kecantikan. Mineral Zinc yang dikandungnya dapat mencegah rambut rontok dan dalam Vitamin B12 dapat memelihara syaraf dan sel-sel kulit.



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar